+62 (0717) 422145
Link Penting UBB

UBB On The Road

Universitas Bangka Belitung On The Road
12 Oktober 2023 | 14:04:24 WIB


UKM Kompas UBB Kembangkan Potensi Seni dan Budaya Lokal di Masyarakat Adat Mapur Dusun Air Abik


Air Abik, UBB-- Dalam upaya mengembangkan potensi seni dan budaya lokal masyarakat Adat Mapur, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KOMPAS Universitas Bangka Belitung (UBB) hadir melalui kegiatan proyek kemanusiaan, yaitu PPK ORMAWA untuk membantu memberikan solusi bagi permasalahan masyarakat Adat Mapur di Dusun Air Abik, Desa Gunung Muda.

Sebagai fasilitator UKM Kompas Gigih Ibnu Prayoga menyampaikan, tujuan kegiatan PPK ORMAWA yaitu untuk meningkatkan antusias dan kreativitas masyarakat dalam mempertahakan kesenian dan kebudayaan masyarakat adat mapur.

“Hasil karya seni dan budaya yang dikembangkan seperti anyaman sebagai salah satu sumber pendapatan masyarakat dalam upaya memperkenalkan karya seni berupa kerajinan dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” sebutnya.

Lebih lanjut, menurutnya beberapa pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan ialah, persiapan dan pendampingan pembuatan karya seni kerajinan anyaman seperti sosialisasi pembuatan nomor induk berusaha dan pendaftaran merk; pembuatan website dan akun media sosial; pendampingan pembentukan tim kreatif dalam mengelola website dan akun media sosial; serta pembuatan flyer katalog hasil karya seni kerajinan masyarakat Adat Mapur.

“Program yang telah dilaksanakan mempunyai potensi keberlanjutan yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan Dusun Air Abik sudah banyak mendapatkan perhatian dari berbagai pihak, baik dari akademisi, instansi pemerintahan, komunitas lokal dan nasional, serta dari perusahaaan-perusahaan. Kolaborasi dan kerjasama dari berbagai pihak ini dapat mendorong kesejahteraan sekaligus mempertahankan budaya masyarakat Adat Mapur nantinya,” ujarnya.

Dijelaskan, proyek kemanusiaan merupakan salah satu dari 8 bentuk kegiatan pembelajaran Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Bentuk Kegiatan Pembelajaran proyek kemanusiaan melatih mahasiswa untuk mengembangkan kepedulian dan kepekaan sosial melalui kegiatan yang bersifat terprogram dan melembaga.

Proyek Kemanusiaan memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengembangkan kegiatan kemanusiaan secara mandiri yang dibuktikan dengan proposal dan laporan kegiatan. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa dapat menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah, yayasan, organisasi kemanusiaan, maupun komunitas masyarakat, baik di dalam maupun luar negeri.

Tujuan dari pembelajaran proyek kemanusiaan adalah meningkatkan kepedulian dan kepekaan sosial mahasiswa, serta mampu memberikan solusi permasalahan yang dihadapi masyarakat sesuai bidang keahlian dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan Pancasila. (Tim PPK Ormawa UKM Kompas)
 

UBB On The Road

Berita UBB

UBB Perspectives